Rabu, 21 Oktober 2015

Memilih Peralatan Kantor

MATERI MENGGUNAKAN PERALATAN KANTOR

KD 1: Memilih Peralatan Kantor
Indikator:
  1. Pemilihan peralatan atau sumber daya untuk melaksankan tugas diidentifikasikan dengan benar
  2. Jumlah yang diperlukan dipertimbangkan secara menyeluruh
  3. Peralatan sesuai dengan prosedur pemakaian dan instruksi penggunaan
Materi:
PERBEKALAN TATA USAHA
Pengertian Tata Usaha
Tata tempat/gudang atau ruangan yang digunakan untuk melakukan pekerjaan tulis menulis dan dilengkapi dengan fasilitas penunjang.usaha adalah
Perbekalan Tata Usaha
Pengertian Perbekalan
Perbekalan kantor adalah semua benda yang terdapat didalamnya dan diperlukan dalam proses kegiatan kantor. Perbekalan mencakup semua barang yang diperlukan baik barang bergerak maupun barang tidak bergerak sebagai pendukung pelaksanaan tugas.
Tujuan Perbekalan
Aktifitas perbekalan didalam organsasi mempunyai beberapa tujuan antara lain:
Meningkatakan efisiensi dan efektifitas pelaksanaan tugas-tugas pokok organisasi
Mengetahui barang perlatan yang rusak dan tidak bisa diperbaiki sehingga harus dimusnahkan atau yang rusak ttapi masih dapat diperbaki,
Mengetahui barang peralatan milik organisasi secara up to date melalui daftar inventaris barang.
Fungsi-Fungsi Perbekalan
Fungsi pengadaan
Ada empat factor yang perlu diperhatikan dalam alasan pengadaan barang
Fungsi fungsional
Fungsi Ongkos
Faktor standarisasi
Faktor prestis
Fungsi INventarisasi
Fungsi PEnggunaan dan Pemeliharaan
Fungsi Pengiriman/Pemindahan
fungsi Penyimpanan
Fungsi penyingkiran dan Penghapusan barang
Fungsi Pengendalian
MESIN-MESIN KANTOR
Untuk menunjang kelancaran kegiatan kantor diperlukan peraltan dan perlengkapan kantor yang memadai perlatan kantor adalah barang-barang penunjang kegiatan kantor yang tidak habis dalam satu kali pemakaian, seperti mesin kantor, perlatan komunikasi, dan peraltan presentasi. Contoh mesin kantor adalah computer, mesin tik, mesin foto kopi, risograf, mesin stensil dll. Sedangkan contoh peraltan komunikasi adalah seperti telepon, ponsel. Fximile dll. Contoh peraltan presentasi adalah LCD Projektor, OHP, microphone, laptop dll.
MENGIDENTIFIKASI BAHAN, ALAT, DAN PERABOT YANG AKAN DIGUNAKAN DALAM BEKERJA
Meja Kantor
Menurut the Liang Gie, meja tulis yang baik hendaknya memenuhi syarat-syarata sebagai berikut:
Dari permukaan meja sampai lantai tidak seluruhnya tertutup.
Permukaan meja tidak berkilat-kilat sehingga tidak meyilaukan mat apegawai yang memakainya.
Luas meja tidak terlampau berlebihan
Ukuran meja kerja pada umumnya dapat dibedakan sebagai berikut:
  1. Meja Karyawan
Idealnya ukuran 120 x 80 cm. Disamping itu ada meja kayawan yang l;ebih besar yaitu 160 x 80 cm.
  1. Meja Pimpinan
Meja pimpinan berukuran 130x 80 cm atau plaing besar 150 x 90 cm.
Kursi Kantor
Menurut Ralp Barnes yang diterjemahkan oleh The Liang GIe kursi yang baik mempunyai syarat sebagai berikut:
  1. Kursi terebut dapat diatur tinggi rendahnya sehingga cocokbagi pegawai yang memakainya
  2. Kursi tersebut dibuat secara kokoh
  3. Kursi itu sesuai dengan bentuk badan orang
  4. Kursi itu mempunyai penyangga belakang shingga dapat menunjang tulang punggung karyawan
Rak Surat
Untuk memudahkan menemukan kembali banyaknya surat masuk dan surat keluar dengan cepat, perlu adanya kegiatan pengarsipan. Alat yang digunakan untuk mengarsip surat tersebut adalah rak surat, tempat penyimpanan surat berbentuk kotak (box file) dan lemari arsip (filling cabinet)

Mesin Penghancur Kertas
Dewasa ini mesin penghancur kertas telah menjadi standar perkantoran modern sebagai cara yang paling aman, cepat bersih dan sangat efisisen untuk pemusnahan dokumen-dokumen yang tidak terpakai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar